Semua perusahaan harus mengambil beberapa keputusan
dasara untuk mencapai hal yang kita asumsikan sebagai laba utama mereka –
keuntungan maksimum.
Ada tiga keputusan yang harus diambil oleh semua
perusahaan, yang meliputi:
1. Berapa
banyak output yang akan ditawarkan (kuantitas prosuk)
2. Bagaimana
memproduksi output itu
3. Berapa
banyak tiap input yang diminta
Pilihan pertama dan terakhir dihubungkan oleh
pilihan kedua. Begitu suatu perusahaan memutuskan berapa banyak yang akan diproduksi,
pilihan metode produksi menentukan input yang diperlukan oleh perusahaan itu. Jika
suatu perusahaan sweater memutuskan untuk memproduksi 5.000 sweater pada bulan
ini, perusahaan itu tahu berapa banyak pekerja produksi yang akan dibutuhkan,
berapa banyak listrik yang akan digunakan, berapa banyak listrik yang akan
digunakan, berapa banyak benang yang akan dibeli, dan berapa banyak mesin jahit
yang akan dijalankan.
Demikian pula, teknik produksi, segala jenis
kuantitas input menentukan jumlah output yang bisa diproduksi. Tentunya jumlah
mesin dan pekerja yang dipekerjakan di pabrik sweater menentukan berapa banyak
sweater yang di produksi.
Ingatlah bahwa kita membahas dan menganalisa
perilaku perusahaan kompetitif sempurna. Jadi, kita akan menyebutkan perilaku
penetapan harga, kualitas produk, karakteristik produk lain- pilihan yang
mengakibatkan diferensisasi produk.
0 komentar:
Posting Komentar