Nama Kelompok
1. Lastiani Nurcholifa (24213934)
2. Siti Fatimah (28213539)
3. Dewi Nur hayati (22213295)
Kelas 1EB22
1. Jelaskan perbedaan pasar dengan
pemasaran
2. Berikan
contoh masing-masing 5 untuk :
* jenis pasar industry
* pasar penjual
3. Jelaskan dgn 1 contoh
barang /jasa universal bagaimana memasarkannya ( berdasarkan 4 p )
4. Sebut dan
jelaskan 4 variabel bauran promosi
5. Sebutkan
beberapa alternatif sistem pemasaran
Jawaban :
1. Pasar adalah
merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk
berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya atau tempat bertemunya penjual
dan pembeli untuk melakukan transaksi barang dan jasa.
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan dalam
perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi (harga barang dan Pemasaran adalah suatu kegiatan yang
mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa dalam bentuk iklan melalui
televisi atau media koran untuk menarik peminat untuk membeli barang yang
ditwarkan, tujuannya juga untuk mendapatkan keuntungan. jasa).
2. 1. Contoh
pasar industri :
a) Usaha steam
motor
b) Usaha juice
c) Pengusaha mebel
d) pengusaha
alat-alat rumah tangga
e) Pabrik pensil.
2. Contoh
pasar penjual
a) Buka Grosir
Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran.
b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu
jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu
dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke
konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya,
kemudian dijual dipasar-pasar
Pertama adalah Produk, Produk yang di tawarkan pada situs
ini adalah sepatu dengan berbagi merek, disitu dicantumkan merek merek seperti
Adidas, black master dan lain-lain. kedua Price, di situs tersebut telah
tercantumkan harga, spesifikasi sepatu, harga harga sepatu di situs tersebut
cukup terjangkau sesuai merek sepatu. Ketiga adalah promotion, di situs ini
memberikan promosi yang anda bisa lihat gambar di atas ada Beli 2 diskon Rp.
20.000,- dan lain-lain serta mencantumkan nomer yang dapat dihubungi untuk
memesan sepatu yang diminati oleh konsumen. Ke empat yaitu Place, karena dia
toko online jadi situs ini tidak mencantunkan tempat keberadaan toko ini.
4. Bauran
pemasaran menjadi 4 komponen P (Product,Price, Promotion dan Place) yang
antara lain :
1. Produk (Products).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk
mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk
merupakan semua yang ditawarkanke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan
digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan
dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide
2. Harga (Price).
Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan
taktis seperti tingkat harga,struktur diskon, syarat pembayaran
dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga
menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk
memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh
konsumen.
3. Promosi (Promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran
tentang produk yang mereka hasilkan.
4. Saluran Distribusi (Place).
Merupakan
keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi
parapelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi.
5.
Ada empat alternatif yang menjadi
tujuan sistem pemasaran, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
3. Memaksimalkan pilihan
4. Memaksimalkan kualitas hidup
0 komentar:
Posting Komentar