Pages

About my Blog

Welcome to blogger. This is your first content for welcome says for your blog. Edit or delete it, then start blogging! Go To Edit Html after that expand widget templates and find this content with search for easy find this content and if you done found content you can edit or deleted it as you want and thank's using our work / themes i very happy about this.

Jumat, 22 November 2013

Tulisan Pengantar Bisnis (Organisasi Bisnis)



ORGANISASI Bisnis
1eb22
Lastiani nurcholifa
24213934

I.        Pendahuluan
1.    Latar Belakang

Di dunia ini semua orang ingin kebutuhan hidupnya lebih dari cukup, dan pada akhirnya terciptalah sebuah ide berbisnis. Bisnis adalah semua jenis aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian.
Seorang wirausaha adalah seorang yang melihat potensi peluang yang menguntungkan dan kemudian membuat rencana untuk mencapai kesuksesan di pangsa pasar dan meraih keuntungan tersebut. Seorang wirausaha harus dapat mempertimbangkan bisnis apa yang akan dibuat dengan melihat berbagai macam resiko yang harus diperhatikan.
Pada era modern ini bisnis didrong oleh kemajuan tehnologi. Komputer-komputer yang canggih, sambungan online dan tehnologi-tehnologi lainnya telah membantu perusahaan membentuk hubungan secara langsung dan mendalam dengan para konsumen, karyawan dan pemasoknya.
  
2.    Tujuan
Tulisan ini saya buat bertujuan untuk membahas mengenai :
            1.    Organisasi bisnis
            2.    organisasi non komersial, organisasi nirlaba
            3.    mengidentifikasi faktor-faktor produksi
II.        Isi

A.   Organisasi Bisnis
Bisnis adalah semua jenis aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian.
Laba adalah Imbalan bagi pembisnis yang mengambil resiko dalam kaitannya terhadap penawaran barang dan jasa kepada konsumen.
Bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Wiraswata di dorong untuk memulai suatu bisnis karena mereka dapat memperoleh laba jika mereka berhasil.


B.   Organisasi Non komersial
adalah organisasi yang beroperasi disektor swasta maupun publik antara lain berupa Museum, Perpustakaan, Serikat-serikat dagang, Organisasi Amal dan Keagamaan, dan sebagian besar Perguruan Tinggi dan Universitas.
Organisasi ini adalah organisasi yang tidak bertujuan mendapatkan laba, biasanya kegiatannya lebih banyak berhubungan dengan aktivitas sosial dan pelayanan masyarakat. Dari sudut pandang kepemilikan, organisasi ini dimiliki secara kolektif oleh masyarakat/publik. Atas dasar itu, organisasi ini dinamakan sebagai organisasi sektor publik. Kategori organisasi jenis ini, sebenarnya masih bisa diklasifikasikan lagi menjadi.
·         Lembaga pemerintah
Organisasi yang berhubungan dengan sub-klasifikasi ini adalah organisasi pemerintah, baik pemerintah pusat dan daerah. Secara operasional, organisasi ini diselenggarakan oeleh pemerintah dan pemiliknya adalah warga negara.

·         Lembaga Non- pemerintahan (Organisasi Nirlaba)
Organisasi yang merupakan bagian dari subklasifikasi ini adalah organisasi yang didirikan oleh masyarakat, baik dalam bentuk yayasan, organisasi profesi, partai politik, maupun organisasi keagamaan. Secara operasional organisasi ini tidak mencari laba dan juga tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Pengelolaannya adalah orang-orang yang dipercaya oleh masyarakat dan pemiliknya adalah masyarakat.

C.   Faktor-Faktor Produksi
Faktor Produksi adalah input input tertentu yang dibutuhkan oleh sistem perekonomian agar mampu beroperasi secara efektif.

1.    Sumber Daya Alam (Natural Resources), yaitu seluruh input produktif yang bermanfaat dalam kondisi alaminya, termasuk lhan pertanian, lokasi bangunan, hutan dan cadangan mineral.

2.    Modal diantaranya berupa uang yang dibutuhkan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan modal perusahaan melalui investasi. Salah satu sumber daya lain atau modal yang penting meliputi Tehnologi, Peralatan, Informasi dan fasilitas-fasilitas fisik.

3.    Sumber daya manusia (human resources). Yaitu meliputi semua orang yang bekrja mulai dari CEO (Chief Executive Officer) hingga montir yang bekerja sendiri. Kategori ini mencakup tenaga kerja fisik maupun input intelektual yang disumbangkan oleh para pekerja. Dengan meluasnya penggunaan tehnologi computer, maka sebagian besar perusahaan mengandalkan karyawannya sebagai sumber ide dan pengtahuan sekaligus aktivitas fisik.
Keunggulan kompetitif yang diperoleh melalui Sumber Daya Manusia yang efektif dan terlatih dengan baik merupakan suatu hal yang signifikan.

4.    Kewirausahaan (Enterpreneurship)
Adalah kesediaan seseorang untuk mengambil resiko dalam menciptakan dan mengoperasikan suatu BISNIS. Seorang Wirausaha adalah seseorang yang melihat potensi peluang yang menguntungkan dan kemudian membuat rencana untuk mencapai kesuksesan dipangsa pasar dan meraih keuntungan tersebut.


III.        Penutupan

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

IV.        Daftar Pustaka
Jeff Madura (2007). Introduction to Business, Fourth Edition. USA: Thomson South-Western.
Dedhy Sulistiawan (2007). Accurate. Indonesia : penerbit Elex Media Komputindo

0 komentar:

Posting Komentar